Semburan Pompa Air Tidak Kuat, Cara Mengatasi Masalah Pompa Air

Resep Dapur Resepi - Tips hari ini adalah cara mengatasi masalah pompa air. Biasanya masalah utama pada pompa air yaitu air yang keluar tidak deras. Bagi Anda yang mengalami kejadian seperti ini, jangan terburu-buru untuk mengganti dengan pompa air yang baru. Sebaiknya anda mencoba melakukan beberapa tips berikut ini.

Hal yang harus kita lakukan adalah periksa pada bagian-bagian berikut ini, dan RDR urutkan sesuai kondisi yang paling ringan.

1. Pipa 

Langkah pertama, periksa pada pipa paralon bagian masukan (pipa yang mengarah ke sumber air). Bagian sangat berpengaruh, apabila ada yang bocor kecil saja bisa menyebabkan air tidak mau keluar. Periksalah pada bagian sambungan pipa paralon, anda bisa menutup dengan menggunakan lem pipa. Anda tidak perlu memeriksa pipa pada bagian keluaran, karena sebesar apapun bocor, lubang atau pecah air tetap akan keluar, bahkan kita lebih mudah mengetahuinya, karena bagian bocor itu akan mengeluarkan air. Berbeda jika bocor pada bagian masukan, maka pompa seakan hilang tenaga untuk menyedot air. Sebagai contoh, ketika anda minum air melalui sedotan atau pipet. Coba anda beri lubang di bagian sisi sedotan, apa yang anda rasakan. Anda akan merasa kesulitan menghisapnya, semakin besar lubangnya akan semakin susah. Begitu juga yang terjadi pada pompa air.

2. Saringan Air


Saringan air ini terletak pada bagian ujung pipa yang berada pada sumur atau sumber air. Saringan air ini sangat berpengaruh pada kinerja pompa air. Biasanya jika sudah lama, karet katub pada saringan ini akan mati dan melar, sehingga ketika pompa menyedot, katub saringan tidak terbuka dengan sempurna. Disamping karet katub saringan, kemungkinan juga bagian sisi dalam saringan mulai tertutup karat dari air, sehingga membuat katub kesat dan susah untuk terbuka. Maka jika hal ini yang terjadi, apabila karet katub tidak rusak, cukup bersihkan karat tersebut. Tapi saran RDR lebih baik anda langsung mengganti dengan saringan yang baru, karena harganya tidak terlalu mahal. Daripada anda bekerja dua kali, yang demikian akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Harga saringan air berkisar antara 10 ribu - 20 ribu.

3. Gerigi Kuningan


Bagian ini berfungsi untuk menghisap air. Gerigi ini sangat berpengaruh dengan keluaran air. Biasanya jika sudah lama, gerigi ini akan menipis atau bagian daun kipasnya banyak yang lecet. Gerigi ini terdapat pada bagian pompa yang ditutup dengan warna kuning. Apabila gerigi ini rusak, maka anda cukup membeli bagian gerigi ini saja, tidak perlu membeli pompa baru. Harga gerigi ini berkisar antara 25 ribu - 30 ribu rupiah. Harga berbeda untuk tiap merk pompa.

4. Bearing atau Kelahar


Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, biasanya ditandai dengan suara mesin yang berisik. Biasanya bearing aus, perlu diberi pelumas atau bisa jadi bearing pecah sehingga perlu diganti dengan yang baru.

5. Kumparan Tembaga

Untuk bagian yang terakhir ini, biasanya jika mengalami kerusakan maka ditandai dengan pompa tidak mengeluarkan suara, karena motor tidak berputar, atau bersuar pelan karena motor berputar sangat pelan. Solusinya tembaga harus dikumpar atau dililit ulang, dan ini memakan waktu lama dan juga relatif mahal. Jika memungkinkan sebaiknya langsung saja anda ganti dengan yang baru.

Demikianlah tips kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Ikuti terus Resep Dapur Resepi dan terimakasih.

Download Tips ini [Google Drive]

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser