Resep Kolak Biji Salak Istimewa

Resep Dapur Resepi -Kembali lagi bersama RDR, pada hari ini kita akan belajar resep yang sering kita jumpai pada saat bulan suci Romadhon, yaiut Resep Kolak Biji Salak Istimewa. Dari namanya mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya, biji salak apakah bisa dimakan? Memang senua kita pasti berpikir biji salak sangat keras tidak mungkin kita bisa mengigitnya, tapi mungkin kita ada yang menyangka biji salak mungkin saja direbus dulu hingga lunak. Tapi tidak demikian, ini hanya sekedar nama saja, karena tampilan dari kolak ini mirip dengan biji salak. Sesungguhnya bahannya adalah ubi jalar dan tepung kanji, diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang menyerupai biji salak.

Ibu untuk sajian semacam ini, tidak ada salahnya jika kita membuatnya diluar bulan puasa. Sebenarnya pada bulan puasa, makanan-makan seperti ini biasanya lebih banyak terbuang, karena kebiasaan kita di Indonesia lebih suka makan nasi setelah berbuka, sehingga selera untuk makan kolak dan sejenisnya menjadi tidak ada, karena perut yang sudah terisis penuh. Kebiasaan kita adalah kalau sudah makan kolak nanti malas makan nasi. Bagi kita kalau belum makan nasi berarti belum makan. Biasanya setelah kita makan kolak, perut kita mulai terasa lapar ketika mulai jam 10 malam, sedangkan mata kita sudah mengantuk. Karena inilah, mengapa makanan seperti kolak ini lebih cocok di luar bulan puasa.

Baiklah Ibu langsung saja kita menuju cara pembuatnnya.



Bahan-bahan

Bahan biji salak

  • 100 gram tepung sagu atau tepung kanji
  • 1/2 kg Ubi jalar
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan kuah kolak 

  • 200 gram gula aren
  • 1 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya
  • 1 liter air

Bahan santan

  • 300 ml liter santan asli
  • 1 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara memasak

  1.  Bersihkan terlebih dahulu ubi jalar, setelah itu potong kecil-kecil agar muda untuk dihaluskan. Setelah itu haluskan ubi jalar. Setelah halus campurkan dengan tepung kanji tambahkan sedikit garam dan air secukupnya agar lebih mudah mengadonnya. Adon hingga benar-benar rata.
  2. Setelah adonan jadi, bnetuk adonan menjadi seperti bulatan-bulatan atau seperti biji salak.
  3. Langkah selanjutnya kita akan menyiapkan kuah, rebus 1 liter air kemudian masukkan gula aren. Rebus hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Setelaha mendidih angkat dan kemudian saring. Setelah itu rebus kembali dan tambahkan daun pandan dan garam secukupnya.
  4. Setelah itu masukkan bulatan-bulatan tadi ke dalam rebusan, masak-masak hingga bulatan-bulatan mengapung. Ingat gunakan api kecil saja, agar bulatan kolah tidak mentah di dalam. Masak hingga bulatan matang seluruhnya. Setelah itu matikan kompor.
  5. Untuk santan, rebus santan asli tadi ditambah dengan selembar daun pandan dan garam secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah.
  6. Kolak siap disajikan, ambil sesuai porsi yang dibutuhkan kemudian tambahkan santan
Demikianlah resep kita kali ini. Tidak begitu sulit bukan? Ikuti terus Resep Dapur Resepi dan dapatkan resep serta informasi lainnya. Terimakasih.

 Baca : Resep Sup Tomat Daging Sapi Asap
            Resep Rawon Daging Sapi

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser