Cara Membuat Sambal Nanas Mentah Khas Palembang

Resep Dapur Resepi - Bagi Ibu yang menyukai citarasa pedas, pasti tahu bagaimana rasanya makan tanpa sambal. Selera makan akan berkurang, masakan terasa kurang sempurna, di mulut pun terasa ada sesuatu yang kurang, ya bisa dibilang terasa hambar. Di Indonesia begitu banyak ragam sambal. Di tiap daerah biasanya memiliki khas sambal sendiri. Di Indonesia yang paling terkenal adalah sambal terasi. Tapi untuk kali ini bukan sambal terasi yang akan kita bahas, sambal yang berasal dari daerah Sumatera Selatan, yaitu Sambal Nanas Mentah. Palembang sendiri terkenal dengan kualitas dari buah nanasnya, tepatnya di daerah Prabumulih, sehingga kota ini disebut juga dengan kota nanas. Ciri dari nanas Prabumulih adalah bentuk buahnya yang besar dan rasanya manis.

Sambal nanas ini biasanya disajikan bersama dengan pindang atau gulai malbi. Ketika membayangkan, dimulut sudah mulai terasa.

Ayo daripada kita hanya membayangkannya saja, lebih baik kita coba membuatnya sendiri. Kali ini Resep Dapur Resepi akan membantu Ibu mempelajarinya.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • 1buah nanas mateng,bersihkan bagi 2 jika nanasnya besar,(disesuaikan dengan kebutuhan)
  • 15 gram cabe merah besar
  • 10 gram cabe rawit merah
  • 1 bungkus terasi kemas(sesuai selera) dibakar
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat:

Ada dua cara dalam membuat sambal nanas. Ada sambal nanas halus dan sambal nanas potongan kasar.
Cara pertama, dengan buah nanasnya dihaluskan atau digiling: Haluskan cabe rawit dan cabe merah besar, setelah setengah halus, tambahkan terasi, giling lagi hingga tercampur rata kemudian masukkan nanas, giling lagi kemudian tambahkan gula, garam, aduk rata menggunakan gilingan tadi,
setelah halus dan tercampur rata, cicipi terlebih dahulu,kemudian angkat taruh di piring saji.

Cara kedua, buah nanas dipotong kasar atau seperti dadu: caranya sama, hanya saja nanas tidak digiling. Pertama haluskan cabe rawit dan cabe merah besar, setelah setengah halus, tambahkan terasi, giling lagi menggunakan cobek, tambahkan gula dan garam, cicipi terlebih dulu, kemudian masukkan potongan nanas, aduk hingga benar-benar tercampur rata. Pindahkan ke mangkuk saji, sampai beberapa saat nanti potongan nanas tadi akan mengeluarkan air.

Demikianlah Cara Membuat Sambal Nanas Mentah Khas Palembang, gampang kan Ibu. Sekarang Ibu bisa mencobanya sendiri. Dan yang paling enak dinikmati dengan pindang dan nasi hangat, dan siapkan air minum yang hangat.

Silakan Ibu berbagi atau share resep ini kepada saudara dan teman. Ikuti terus Resep Dapur Resepi, dan dapatkan resep lainnya. Terimakasih dan selamat mencoba.

Baca : Resep Pindang Udang Galah Khas Palembang
           Resep Pindang Tulang Khas Palembang
           Resep Pindang Patin Khas Palembang
  

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser